Pages

Wednesday, June 22, 2011

PANDUAN RAPAT KERJA SEKOLAH













DIKTAT

PANDUAN RAPAT KERJA
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
































SMP NEGERI 230 JAKARTA





Jalan TPU Pondok Ranggon, Kec. Cipayung, Jakarta Timur,
Telp/Fax: ( 021 ) 8440283/ 84306435

JAKARTA



KATA PENGANTAR
       
         Syukur Alhamdulillah, segala Puji hanya penulis tujukan ke Hadirat Illahi Robi yang hanya dengan curahan rahmat dan hidayah-Nya ” Panduan Rapat Kerja SMP Negeri 230 Jakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 ” ini dapat tersusun.
           Rapat kerja SMP Negeri 230 Jakarta Tahun pelajaran 2011/2012 ditinjau dari nuansa muatan materi dan tempat pelaksanaannya berbeda dengan rapat kerja sekolah yang selama ini telah dilaksanakan. Apalagi Rapat Kerja SMP Negeri 230 Jakarta pada Tahun Pelajaran 2011/2011 membawa misi yang lebih berat karena predikat SSN yang telah disandangnya. Sesuai rencana, rapat kerja ini akan dilaksanakan tanggal 21-22 Juni 2011 dengan berlokasi di dua tempat, yaitu di sekolah dan di “JUPO Resto, Citra Grand, Bogor Jawa Barat. Sehubungan dengan hal tersebut, sangat perlu disusun panduan yang diperuntukkan bagi peserta dalam pelaksanaannya.         
           Panduan Rapat Kerja SMP Negeri 230 Jakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 ini disusun dengan tujuan utama untuk menjadi pedoman seluruh peserta rapat dalam menentukan arah dan orientasi berlangsungnya rapat kerja dari awal hingga akhir. Terlebih mengingat bahwa rapat kerja sekolah adalah wahana terbaik untuk merencanakan hal-hal terbaik ke depan tentang kehidupan sekolah secara komprehensif dan berkesinambungan. Dengan demikian sangat diharapkan bahwa rapat kerja akan dapat dilaksanakan sesuai rencana, tertib, dan berhasil dengan optimal sesuai harapan segenap stakeholder sekolah.
           Panduan rapat kerja ini tentu saja masih terdapat kekurangan di dalamnya sehingga masih sangat memerlukan saran dan masukan dari segenap pihak untuk penyempurnaan pada kesempatan yang akan datang.
           Meski demikian, hasil optimal dari rapat kerjalah yang lebih penting untuk menjadi prioritas seluruh peserta yang nantinya akan diimplementasikan dalam upaya memajukan SMP Negeri 230 Jakarta pada hari-hari mendatang.
           Di pundak kitalah sebagian masa depan pendidikan nasional terpikul. “ Melalui Rapat Kerja SMP Negeri 230 SSN Jakarta, Kita Menggugah Hati, Menyamakan Visi dan Misi, Melaksanakan Aksi, Meningkatkan Prestasi agar Hidup  lebih Berarti bagimu Negeri ”.

           Amin.

                                                                       Jakarta, 15 Juni 2011
           Penanggung Jawab
           Kepala Sekolah,                                   Ketua,



          Dra. Hj. Adriati, M.M.                       Sri Budi Sukiyanto, S.Pd., M.M.Pd.
          NIP: 195912051983032008                 NIP: 196601101996031001           






DAFTAR ISI

                                                                                              Halaman
KATA PENGANTAR                                                                                               1

DAFTAR ISI                                                                                                             2

BAB I. PENDAHULUAN                                                                                       3

             1.1 Latar Belakang Masalah                                                                        3
             1.2 Tujuan                                                                                                  4
             1.3 Manfaat                                                                                                4
             1.4 Target dan Sasaran                                                                                5
             1.5 Peserta                                                                                                 5

BAB II. MATERI DAN PELAKSANAAN                                                            5

             2.1 Tata Tertib Peserta                                                                                5
             2.2 Ruang Lingkup Materi                                                                          6
             2.3 Komisi Pembahas Materi                                                                      7
             2.4 Jadwal Kegiatan                                                                                  10
             2.5 Kepanitiaan                                                                                         11

BAB III. PENUTUP                                                                                              12

Lampiran                                                                                                                13

SUSUNAN UPACARA                                                                                        13

A.    Upacara Pembukaan                                                                                   13
B.     Upacara Penutupan                                                                                     13















BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

          Sejarah pertumbuhan dan perkembangan SMP Negeri 230 Jakarta dari masa ke masa secara fakta mengalami kemajuan dan peningkatan. Hal ini terbukti dengan data dari PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) bahwa animo masyarakat untuk menitipkan dan mempercayakan putra-putrinya bersekolah di SMP Negeri 230 Jakarta yang terus bertambah. Terlebih lagi predikat SSN yang telah tersandang lembaga pendidikan tersebut mulai tahun 2010.
          Tentu saja masyarakat memiliki alasan tersendiri memilih SMP Negeri 230 Jakarta sebagai tempat anak-anaknya dalam menimba ilmu guna mempersiapkan mereka menuju masa depannya. Logika berbicara bahwa satu alas an  -yang kasat mata-  adalah bahwa prestasi baik akademik maupun non-akademik , baik fisik maupun non-fisik yang diraih dan diupayakan SMP Negeri 230 Jakarta pada masa akhir-akhir ini menunjukkan peningkatan yang signifikan.
           Harus dipahami dan disadari bahwa skala prioritas dan titik fokus arah kebijakan nasional pendidikan sebagaimana terdapat dalam PP No. 19 Tahun 2005 tentan Standar Nasional Pendidikan hendaknya diupayakan bersama-sama agar dapat tercapai dan terwujud. SMP Negeri 230 Jakarta dituntut mampu memenuhi delapan (8) SNP (Standar Nasional Pendidikan) yang meliputi Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Kualifikasi dan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian.
           Dengan demikian beban dan tanggung jawab SMP Negeri 230 Jakarta sebagai salah satu pemangku tugas ikut serta mencerdaskan anak bangsa makin terasa berat namun mulia. Dan sudah menjadi kewajiban segenap komponen sekolah khususnya personil pelaksana teknis yang menjadi ujung tombak pemikul beban tugas yang berat tersebut yaitu para guru, karyawan, dan unsur pimpinan untuk memahami porsi tugas dan tanggung jawab masing-masing yang tidak lain adalah tupoksi. Semua itu diupayakan guna memenuhi standar nasional pendidikan dan standar pelayanan minimal “plus” pendidikan terhadap masyarakat.
           Dan telah menjadi keharusan bahwa seluruh Guru memahami Tupoksinya seperti tertuang dalam PP No. 74 Tahun 2008 tentang Guru dan melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.
           Terlebih dari hal tersebut seluruh guru dan karyawan hendaknya memahami, memenuhi dan merealisasikan kompetensi yang dipersyaratkan untuk menjadi seorang guru/ karyawan yang baik. Sesuai tuntutan Permendiknas RI no. 16 Tahun 2007.
           Secara ideal delapan Standar Nasional Pendidikan sebagaimana disebutkan di atas hendaknya telah tersosialisasikan dan terealisasikan di dalam kehidupan sekolah. Dalam rangka mendalami sosialisasi dan mengupayakan realisasi acuan SNP tersebut perlu diselenggarakan adanya forum-forum koordinasi yang khusus membahasnya. Salah satu forum formal guna membahas, merancang, dan melaksanakan upaya pencapaian rambu-rambu pendidikan nasional yang termaktub dalam Standar Nasional Pendidikan tersebut adalah Rapat Kerja Sekolah.

          Rapat Kerja Sekolah merupakan forum resmi dan dinas yang diselenggarakan oleh sekolah untuk mengevaluasi segala bentuk kegiatan yang telah berjalan, merancang dan memrogram kegiatan-kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan dalam satu tahun ke depan.
          Waktu pelaksanaan rapat kerja sekolah adalah terbatas, hanya dua hari kerja sehingga dipastikan tidak mungkin  dapat menuntaskan segala persoalan yang terdapat di sekolah. Dengan demikian Rapat Kerja SMP Negeri 230 Jakarta Tahun 2011/2012 akan dilaksanakan dengan agenda utama persoalan-persoalan pokok. Adapun permasalahan lain-lain yang ada dan mungkin akan ada dibahas dan diselesaikan dalam forum-forum rutinitas berikutnya sesuai dengan program kegiatan yang  akan dituangkan dalam rencana/program sekolah.

1.2  Tujuan

1.2.1        Tujuan Umum

          Secara umum tujuan rapat kerja SMP Negeri 230 SSN Jakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 adalah menjadi sarana/ajang untuk membahas, merencanakan, dan mencari solusi persoalan-persoalan pokok tentang kehidupan dan tugas guru/karyawan/ personil/ pengelola sekolah secara bersama-sama dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan sekolah sebagai bagian dari tugas mewujudkan pencapaian tujuan pendidikan nasional.

1.2.2        Tujuan Khusus
                     
          Secara khusus tujuan rapat kerja SMP Negeri 230 Jakarta Tahun Pelajaran   2011/2012 adalah sebagai forum mengevaluasi dan membuat program kegiatan yang berhubungan dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) guru dan karyawan serta stakeholder sekolah (termasuk Komite Sekolah). Sehubungan dengan itu sangat diharapkan kualitas SMP Negeri 230 SSN Jakarta makin meningkat secara komprehensif dan simultif.

1.3  Manfaat

           Manfaat yang diharapkan dengan terlaksananya rapat kerja SMP Negeri 230 SSN Jakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 adalah dapat memberikan nuansa suasana yang bermakna baik secara lahir maupun batin terhadap segenap guru dan karyawan sehingga mampu menata hati untuk melangkah pasti dengan meningkatkan kinerja dalam memikul tanggung jawab dan melaksanakan tupoksi di sekolah guna tercapainya visi, misi, dan tujuan SMP Negeri 230 SSN Jakarta.




1.4  Target dan Sasaran

1.4.1      Terevaluasinya program dan kegiatan tahun pelajaran 201102011.
1.4.2      Tersusunnya program kegiatan sekolah tahun pelajaran 2011/2012.
1.4.3      Tersusunnya program kegiatan kurikulum tahun pelajaran 2011/2012.
1.4.4      Tersusunnya program kegiatan kesiswaan tahun pelajaran 2011/2012.
1.4.5      Tersusunnya program sarana dan prasarana tahun pelajaran 2011/2012.
1.4.6      Tersusunnya program hubungan kerja sama masyarakat tahun pelajaran 2011/2012.
1.4.7      Tersusunnya program tata usaha sekolah tahun pelajaran 2011/2012.
1.4.8      Tersusunnya program tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing guru dan karyawan tahun pelajaran 2011/2012 (Perangkat Pembelajaran, dll.)
1.4.9      Tersusunnya program pendukung/ lain-lain tahun pelajaran 2011/2012.

1.5   Peserta

          Peserta rapat kerja SMP Negeri 230 Jakarta adalah

1.5.1   Seluruh guru berjumlah 61 orang.
1.5.2   Seluruh karyawan berjumlah 15 orang
1.5.3   Pengurus Komite 2 orang
1.5.4   Tamu undangan  unsur Pembina birokrasi Dinas Pendidikan DKI Jakarta berjumlah 3 orang.


BAB II
MATERI DAN PELAKSANAAN

2.1 Tata Tertib Peserta

       2.1.1 Peserta dalam hal ini adalah seluruh Guru dan Karyawan SMPN 230 Jakarta
       2.1.2 Peserta hadir dan sudah siap 15 menit sebelum upacara pembukaan dimulai.
       2.1.3 Peserta wajib mengikuti rangkaian jadwal yang telah ditentukan, kecuali sakit  
                dengan keterangan dokter pemerintah.
       2.1.4 Peserta mengenakan seragam dinas biru lengkap dengan atribut pada saat upacara 
                Pembukaan/ hari pertama (I).
       2.1.5 Peserta mengenakan pakaian seragam batik  lengkap dengan atribut pada   
                saat upacara penutupan/ hari kedua (II).
       2.1.6 Peserta dilarang meninggalkan lokasi rapat tanpa izin tertulis dari panitia.
       2.1.7 Peserta wajib mengikuti secara aktif dalam rapat-rapat komisi sesuai bidang 
                Tugasnya.
       2.1.8 Peserta wajib menjaga kebersihan dan ketertiban selama berlangsungnya
                rangkaian kegiatan rapat kerja sekolah.
       2.1.9 Peserta berangkat ke lokasi kedua (II) dengan kendaraan masing-masing.
       2.1.10 Hal-hal yang dipandang perlu demi lancarnya rapat kerja sekolah akan diatur  
                  kemudian.

2.2 Ruang Lingkup Materi

      2.2.1 Kurikulum

               2.2.1.1 Kurikulum Sekolah/ KTSP
               2.2.1.2 Pengembangan Silabus ber-Pendidikan Karakter
               2.2.1.3 Kalender Akademik
               2.2.1.4 Pemetaan SK/KD
               2.2.1.5 Program Tahunan
               2.2.1.6 Program Semester
               2.2.1.7 Program Kerja Kurikulum
               2.2.1.5 Penyusunan/ Pengembangan RPP ber-Pendidikan Karakter
               2.2.1.6 Pengembangan Bahan Ajar
               2.2.1.7 Pengembangan Media Pembelajaran
               2.2.1.8 KKM
               2.2.1.9 Program Remedial dan Pengayaan
               2.2.1.10 Kriteria Kelulusan dan Kenaikan Kelas
               2.2.1.11 Program Diklat SDM Guru/ Karyawan
               
      2.2.2 Kesiswaan

               2.2.2.1 Kebijakan Pembinaan Kesiswaan
               2.2.2.2 Program Kerja Kesiswaan
               2.2.2.3 Program Kerja OSIS
               2.2.2.4 Perumusan Tata Tertib Siswa
               2.2.2.5 Kegiatan Ekstrakurikuler
               2.2.2.6 Strategi Penanganan dan Pengendalian Siswa serta BP/BK
               2.2.2.7 Pengaturan dan Penanganan Permutasian Siswa

      2.2.3 Sarana dan Prasarana

               2.2.3.1 Program Pengadaan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana
               2.2.3.2 Inventarisasi Sarana dan Prasarana
               2.2.3.3 Penempatan, Penyimpanan, dan Pemeliharaan
               2.2.3.4 Pengaturan dan Penggunaan

       2.2.4 Hubungan Kerja Sama Masyarakat

              2.2.4.1 Program Hubkermas
              2.2.4.2 Analisis Penjalinan Kerja Sama dengan Dunia Usaha/ Dunia Industri
              2.2.4.3 Program Komite Seakolah
              2.2.4.4 Pengaturan/ Pengkoordinasian Hubkermas





       2.2.5 Administrasi dan Ketatausahaan

                2.2.5.1 Program Administrasi Sekolah/ Tata Usaha.
                2.2.5.2 Administrasi Kurikulum.
                2.2.5.3 Administrasi Kesiswaan.
                2.2.5.4 Administrasi Sarana dan Prasarana.
                2.2.5.5 Administrasi Hubkermas.
                2.2.5.6 Administrasi Personalia/ Kepegawaian.
  2.2.5.7 Administrasi lain-lain.
      
       2.2.6 APBS

                2.2.6.1 Sosialisasi Penyerapan Dana/ Biaya.
                2.2.6.2 Sosialisasi ke- APBS-an (dan perpajakan).
                2.2.6.3 Penyusunan Draf RAPBS.
                
       2.2.7 Personalia dan Kepegawaian

                2.2.7.1 Program Pembinaan Guru dan Karyawan
                2.2.7.2 Program Pengembangan Karir Guru dan Karyawan
                2.2.7.3 Penempatan Tugas Tambahan
                2.2.7.4 Pemetaan Kebutuhan dan Perekrutan Guru dan Karyawan Baru
                2.2.7.5 Perumusan Tata Tertib Guru dan Karyawan
                2.2.7.6 Penelaahan Komitmen-komitmen Pengembangan Kualitas 
                            Sekolah.
                2.2.7.7 Telaah Alternatif Peningkatan Kesra Guru dan Karyawan (Koperasi, Kantin,
                            dll.)

2.3 Komisi Pembahas Bidang Materi

      2.3.1 Komisi A Bidang Kurikulum

No.
Nama
Keterangan
1
Ade Koswara, S.Pd.
Koordinator
2
Paryono St
Sekretaris
3
Hj. Aam S., S.Pd., M.M.
Anggota
4
Tioma Siahaan, S.Pd.
Anggota
5
Ilma
Anggota
6
Sunarti, S.Pd., M.M.Pd.
Anggota
7
Dra. Akhadah
Anggota
8
Sri Sudarwati
Anggota
9
Sukiyah, S.Pd.
Anggota
10
Hj. Pudji Astuti, S.Pd.
Anggota
11
Dra. Tukidah
Anggota


      2.3.2 Komisi B Bidang Kesiswaan

No.
Nama
Keterangan
1
Sudarmanto, S.Pd.
Koordinator
2
Dra. Kartini, M.M.Pd.
Sekretaris
3
A. Harun Mujiono, S.Pd.I.
Anggota
4
Dadang Iskandar, S.Pd.
Anggota
5
Moh. Yamin, S.Pd.
Anggota
6
Hermi Pangaribuan
Anggota
7
Parsino, S.Pd.
Anggota
8
Upit Sophiani, S.Pd., M.M.Pd.
Anggota
9
Ernawaty, S.Pd.
Anggota
10
Ida Elfiana ZN
Anggota
       

      2.3.3 Komisi C Bidang Sarana Prasarana

No.
Nama
Keterangan
1
Warnema, S.Pd.
Koordinator
2
Dra. Sri Widyastuti
Sekretaris
3
Titin Suheni, S.Si
Anggota
4
Siti Simbolon, S.Pd.
Anggota
5
Drs. Berham Aritonang
Anggota
6
Herlince Sirait, S.Pd.
Anggota
7
Bayu Raharjo, S.Pd.
Anggota
8
Ratimin, S.Pd.
Anggota
9
Sarno
Anggota
10
Tjaswin
Anggota
11
M. Said Sangidu
Anggota
      

        2.3.4 Komisi D Bidang Hubungan Kerja Sama Masyarakat

No.
Nama
Keterangan
1
Setiawan, S.Pd..
Koordinator
2
Domo Sarjito
Sekretaris
3
Tumiar
Anggota
4
Saida Simanjuntak, S.Pd.
Anggota
5
Dian S, S.Pd.
Anggota
6
Herly Nuriani, S.Pd.
Anggota
7
Evi Diana A, S.Pd.
Anggota
8
Murda
Anggota
9
Tunah
Anggota
10
Toni Kurniawan
Anggota
               


       2.3.5 Komisi E. Bidang Aministrasi dan Ketatausahaan

No.
Nama
Keterangan
1
Agus Suroto
Koordinator
2
Mannaraya P., S.Pd.
Sekretaris
3
Baharudin, S.Kom
Anggota
4
Warsono, S.Pd
Anggota
5
Elifrida Gultom, S.Pd.
Anggota
6
Cherlina
Anggota
7
Siman
Anggota
8
Edi
Anggota
9
M. Uti
Anggota
10
Juniati Sembiring
Anggota
       
       2.3.6 Komisi F Bidang APBS

No.
Nama
Keterangan
1
C. Riyanti Susilowati, S.Pd., M.M.Pd.
Koordinator
2
Siti Rachmat, S.Pd.
Sekretaris
3
Bambang Suwisno, S.Pd.I.,M.M.
Anggota
4
Windarsih, S.Pd.
Anggota
5
Dedi Aryadi, S.Pd.,M.M.Pd.
Anggota
6
Emi Suhaemi, S.Pd.I.
Anggota
7
Rusnah, S.Pd.
Anggota
8
Al. Ratna R, S,.Pd.
Anggota
9
N. Yayah Umyati, S.Pd.
Anggota
10
Sumarno
Anggota
11
Budi Santoso
Anggota
      
       2.3.7 Komisi G Bidang Personalia dan Kepegawaian
       
No.
Nama
Keterangan
1
Dra. Sri Rejeki
Koordinator
2
Hj. Ermita, S.Pd.
Sekretaris
3
Syarifudin Abas, S.Pd., M.M.Pd.
Anggota
4
Suhadi, S.Pd.
Anggota
5
Sri Wiyatun, S.Pd.
Anggota
6
Sumiyati, S.Pd.
Anggota
7
Dra. Zelly Dartin
Anggota
8
Rotua Marpaung, S.Pd.
Anggota
9
Ida Farida, S.Pd.
Anggota
10
Ernawati, S.Pd.
Anggota
11
Diniati
Anggota
12
Ema Sumindari
Anggota
     

2.4 Jadwal Kegiatan


No.
Hari, tanggal
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Selasa,
21 Juni 2011
Mengisi Daftar Hadir/ Persiapan
06.30 – 07.00
Upacara Pembukaan
07.00 – 08.30
Rehat/Kudapan
08.30 – 08.45
Pengantar Rakersek
08.45 – 09.15
Rapat Komisi
09.15 – 11.45
Ishoma
11.45 – 12.45
Presentasi Hasil Rapat Komisi
12.45 – 13.15
Pandangan Umum Hasil Rapat Komisi
13.15 – 15.00
Rehat/ Kudapan
15.00 – 15.30
Penyampaian Kesimpulan Akhir
15.30 – 16.30
2
Rabu,
22 Juni 2011
Penyusunan Program Tupoksi dan Tugas Tambahan
06.30 – 08.30
Rehat/ Kudapan
08.00 – 08.30
Penyampaian Draft Program Tupoksi dan Tugas Tambahan
08.30 – 10.00
Upacara Penutupan
10.00 – 10.45
Persiapan Menuju Lokasi II
10.45 – 11.15
Berangkat Menuju Lokasi II “Jupo Resto
Citra Grand”
11.15
Ishoma dilanjutkan Rekreasi/ Hiburan di Lokasi II
12.00 – 16.00














2.5  Kepanitiaan


No.
Nama
NIP/NRK
Jabatan
1
Dra. Hj. Adriati, M.M.
195912051983032008
Penanggung Jawab
2
Sri Budi Sukiyanto, S.Pd., M.M.Pd.
196601101996031001           
Ketua
3
Ade Koswara, S.Pd.
196606081989031008
Wakil Ketua/ Koordinator Komisi
4
Sudarmanto, S.Pd.
196108011984031006
Sekretaris 1/ Koordinator Komisi
5
Setiawan, S.Pd.
196301011985031029
Sekretaris 2/ Koordinator Komisi
6
C. Riyanti Susilowati, S.Pd., M.M.Pd.
196911241994122005
Bendahara/ Koordinator Komisi
7
Agus Suroto
195808051980031022
Anggota/ Koordinator Komisi
8
Dra. Sri Rejeki
196504271989022002
Anggota/ Konsumsi/ Koordinator Komisi
9
Warnema, S.Pd.
196501022007012018
Anggota / Konsumsi/ Koordinator Komisi
10
Domo Sarjito
195707201988031002
Anggota/ Perlengkapan
11
Paryono
196502072007011018
Anggota/ Dokumentasi/ Perlengkapan













BAB III
PENUTUP


          Rangkaian Kegiatan Rapat Kerja SMP Negeri 230 Jakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 diharapkan dapat berjalan sesuai rencana dan dapat menghasilkan sesuatu berharga yang sangat diperlukan bagi kelangsungan hidup sekolah. Harapan tersebut akan dapat diraih manakala segenap komponen yang terkait terhadap keberthasilan rapat kerja ini sepenuhnya mengaktifkan diri dukung-mendukung untuk menyukseskannya.

           Keberhasilan rapat kerja SMP Negeri 230 Jakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 akan sangat mempengaruhi perkembangan kemajuan sekolah pada tahun-tahun yang akan datang.

           Mengingat betapa pentingnya hal tersebut untuk diwujudkan, maka  harapan bersama itu lazim bila diupayakan secara bersama pula untuk mencapainya.  

           Semoga.

Amin.

                                                                                                 Jakarta, 15 Juni 2011


                                                                                                Panitia

























Lampiran :   SUSUNAN ACARA


A.    UPACARA PEMBUKAAN

1.    Pembukaan
2.    Menyanyikan Lagu Kebangsaan “ Indonesia Raya”
3.    Sambutan:
a.       Kepala Sekolah
b.       Ketua Pengurus Komite Sekolah
c.       Pengawas Paket selaku Pembina Sekolah
4.    Pengantar Rapat Kerja Sekolah
5.    Penyampaian Informasi / Agenda Raker
6.    Doa
7.    Penutup


B.    UPACARA PENUTUPAN

1.   Pembukaan
2.   Penyampaian Resume Hasil Rapat Kerja Sekolah
3.   Penyampaian Informasi dan Pengumuman
4.   Menyayikan Lagu Wajib Nasional “Bagimu Negeri”
5.   Doa
6.   Penutup




9 comments:

Blog Archive