Penelitian Tindakan Sekolah?
Tujuan PTS : memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam sekolah-sekolah yang berada dalam binaan pengawas sekolah.
Sekaligus mencari jawaban ilmiah mengapa hal tersebut dapat dipecahkan dengan tindakan yang dilakukan.
bagaimana melakukan PTS :
Harus ada tindakan (action) yang nyata.
Tindakan itu dilakukan pada situasi alami dan ditujukan untuk memecahkan permasalahan-permasalahan praktis.
Tindakan merupakan sesuatu kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu.
dilakukan dalam rangkaian siklus kegiatan.
menuntut etika :
a)tidak mengganggu proses pembelajaran kegiatan pendidikan yang berjalan di sekolah
b)jangan menyita banyak waktu (dalam pengambilan data, dll).
c)masalah yang dikaji harus benar-benar ada dan dihadapi oleh pengawas sekolah.,
d)dilaksanakan dengan selalu memegang etika kerja (minta ijin, membuat laporan, dll).
PTS terdiri rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang.
(a)perencanaan,
(b)tindakan,
(c)pengamatan,
(d) refleksi
Sekaligus mencari jawaban ilmiah mengapa hal tersebut dapat dipecahkan dengan tindakan yang dilakukan.
bagaimana melakukan PTS :
Harus ada tindakan (action) yang nyata.
Tindakan itu dilakukan pada situasi alami dan ditujukan untuk memecahkan permasalahan-permasalahan praktis.
Tindakan merupakan sesuatu kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu.
dilakukan dalam rangkaian siklus kegiatan.
menuntut etika :
a)tidak mengganggu proses pembelajaran kegiatan pendidikan yang berjalan di sekolah
b)jangan menyita banyak waktu (dalam pengambilan data, dll).
c)masalah yang dikaji harus benar-benar ada dan dihadapi oleh pengawas sekolah.,
d)dilaksanakan dengan selalu memegang etika kerja (minta ijin, membuat laporan, dll).
PTS terdiri rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang.
(a)perencanaan,
(b)tindakan,
(c)pengamatan,
(d) refleksi
contoh penelitian tindakan sekolah
Memantau :
Pelaksanaan pembelajaran/ bimbingan dan hasil belajar siswa
Keterlasanaan kurikulum tiap mata pelajaran
Menilai :
Kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran / bimbingan
Membina :
Guru dalam menyusun RPP
Guru dalam melaksanakan prosesd pembelajaran di kelas/ laboratorium/ lapangan
Guru dalam membuat, mengelola dan menggunakan media pendidikan dan pembelajaran
Guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan
Guru dalam mengolah dan menganalisis data hasil penilaian
Guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas
Melaporkan Tindak Lanjut :
Hasil pengawasan akademik pada sekolah-sekolah yang menjadi binaannya
Menindaklanjuti hasil-hasil pengawasan akademik untuk meningkatkan kemampuan profesional
Tugas Pengawas Sekolah :
Memantau
Pelaksanaan ujian nasional PSB dan ujian sekolah
Pelaksanaan standar nasional pendidikan
Menilai :
Kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok fungsi dan tanggung jawabnya
Membina :
Kepala sekolah dalam pengelolaan administrasi sekolah
Kepala sekolah dalam mengkoordinasikan pelaksanaan program bimbingan konseling
Melaporkan tindak lanjut :
Hasil pengawasan manajerial pada sekolah-sekolah yang menjadi binaannya
Menindaklanjuti hasil-hasil pengawasan manajerial untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan
Pelaksanaan pembelajaran/ bimbingan dan hasil belajar siswa
Keterlasanaan kurikulum tiap mata pelajaran
Menilai :
Kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran / bimbingan
Membina :
Guru dalam menyusun RPP
Guru dalam melaksanakan prosesd pembelajaran di kelas/ laboratorium/ lapangan
Guru dalam membuat, mengelola dan menggunakan media pendidikan dan pembelajaran
Guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan
Guru dalam mengolah dan menganalisis data hasil penilaian
Guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas
Melaporkan Tindak Lanjut :
Hasil pengawasan akademik pada sekolah-sekolah yang menjadi binaannya
Menindaklanjuti hasil-hasil pengawasan akademik untuk meningkatkan kemampuan profesional
Tugas Pengawas Sekolah :
Memantau
Pelaksanaan ujian nasional PSB dan ujian sekolah
Pelaksanaan standar nasional pendidikan
Menilai :
Kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok fungsi dan tanggung jawabnya
Membina :
Kepala sekolah dalam pengelolaan administrasi sekolah
Kepala sekolah dalam mengkoordinasikan pelaksanaan program bimbingan konseling
Melaporkan tindak lanjut :
Hasil pengawasan manajerial pada sekolah-sekolah yang menjadi binaannya
Menindaklanjuti hasil-hasil pengawasan manajerial untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan
No comments:
Post a Comment